mukhtarulaminnwdi.ponpes.id – Musyawarah keasramaan dalam program pembagian kelompok belajar kitab oleh pimpinan Pondok Pesantren Mukhtarul Amin NWDI dan guru pembimbing bertempat di Teras Ponpes Sabtu, 21/01/2023.
Musyawarah yang di kemas sederhana tersebut berlangsung pada malam hari setelah selasai shalat Isy’a yang bertujuan guna pemaksimalan pembelajaran dalam penguasaan kitab sesuai kemampuan santri
Hal ini sangat diperlukan untuk menunjang pemahaman, pendalaman dan pengembangan materi pelajaran. Tujuan diadakannya musyawarah ini juga agar santri mampu memahami secara kontekstual isi kandungan kitab yang digunakan sebagai sumber rujukan para santri dalam proses pembelajarannya.
Pembelajaran dalam bentuk kelompok atau halaqoh di pondok pesantren Mukhtarul Amin yaitu bagaimana ustad dan ustadzah mengelola pembelajaran kitab dengan kemampuan santri dimana santri dikelompokkan sesuai dengan kemampuan yang telah didapat dan dalam setiap kelompok terdapat ustad/ustadzah yang bertanggung jawab untuk mengajar dan memudahkan ustd/ustadzah dalam mengetahui kemampuan dan lebih memperhatikan santri. Metode tersebut juga dapat mencegah santri dari kebosanan atau kemalasan santri dalam murojaah, sebab dilakukan bersama-sama dan tentunya sangat memotivasi apabila dalam satu kelompok terdapat santri yang lebih cepat dalam menghafal, maka santri akan lebih semangat dan bertanggung jawab dalam menghafal, waktu yang lebih efektif dan hafalannya akan terkontrol dengan baik.
Pencapaian hafalan santri dalam metode pembelajaran kelompok telah dicapai oleh beberapa santri dalam waktu yang berbeda-beda, yaitu pencapaian peningkatan signifikan, peningkatan sedang, peningkatan minimalis dan peningkatan tidak tertarget.
Manfaat dari metode tersebut yaitu memudahkan santri dalam menghafal, lebih diperhatikan bagaimana cara membaca dan menghafal dengan baik dan benar, santri akan lebih tanggung jawab dengan hafalannya, pembelajaran menjadi kondusif, bacaan lebih baik dengan makhroj yang jelas, tajwid yang benar dan bisa mempercepat santri dalam menghafal.